IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membuat Pot Bunga Kreatif Memakai Ban Bekas - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membuat Pot Bunga Kreatif Memakai Ban Bekas

Urban Hidroponik - Ada banyak cara kreatif untuk mempercantik kebun di rumah atau perkantoran Anda. Salah satunya dengan membuat pot bunga berbahan ban bekas. Selama ini ban bekas tidak memiliki andil dan peran banyak dalam kehidupan kita, ban hanya berperan sebagai roda kendaraan setelah rusak dibiarkan saja tertinggal di bengkel dan terlupakan.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat ban bakas, bila yang sifatnya seni kreatif mungkin butuh alat bahan tertentu yang tidak bisa kita dapatkan. Akan tetapi cara sederhana memanfaatkan ban bekas salah satunya untuk dijadikan instalasi pot bunga.

Membuat Pot Bunga Memakai Ban Bekas


Ban bekas bisa digunakan sebagai pot gantung, benteng bunga, tower bunga, atau ditempelkan di dinding rumah. Caranya juga sangat sederhana dan bisa diaplikasikan secara praktis. Sekarang salah satu contoh yang akan saya berikan adalah membuat instalasi pot bunga memakai ban bekas untuk dinding rumah.

Alat dan Bahan untuk membut Pot Ban Bekas
  • Ban bekas (motor/mobil)
  • Solder listrik
  • Tali/paku
  • Tanah 
  • Tanaman

Cara Membuat Pot Ban Bekas
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melobangi ban memakai solder listrik. Lobang tersebut dibuat untuk mengalirkan air ketika penyiraman sehingga tanaman tidak terendam air yang dapat menyebabkan tanaman menjadi busuk. Bila memungkinkan cat ban tersebut agar warnanya tidak berbenturan dengan konsep warna di rumah/perkantoran Anda.

Kedua, setelah ban dilubangi masukan tanah dan pupuk kompos secukupnya ke dalam ban yang sudah dilobangi memakai solder.

Ketiga, pindahkan bunga yang akan ditanam, tanam di dalam tanah yang sudah disiapkan pada langkah sebelumnya.

Keempat, paku ban bekas tersebut di dinding atau bila memungkinkan Anda bisa mengikatnya dengan tali, sehingga posisinya tergantung. Silakan pilih mana yang lebih sesuai.

Selain membuat pot ban bekas seperti gambar di bawah ini Anda juga bisa memotong ban bekas menjadi 2 bagian, pada masing-masing bagian isi dengan tanah dan tanami dengan bunga. Kedua ujung potongnya diikat memakai tali dan gantungkan, hasilnya menjadi pot ban bekas setengah lingkaran.

urban hidroponik, creative garden, urban farming

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda kini sudah bisa mempercantik rumah/kantor atau kebun menjadi lebih artistik. Selamat berkreasi, sampai jumpa di artikel Urban Hidroponik berikutnya.
Diberdayakan oleh Blogger.