IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Mengatur pH pada Air Nutrisi Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Mengatur pH pada Air Nutrisi Hidroponik

Urban Hidroponik - pH secara singkat merupakan derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Dalam hal ini, kita akan membahasa mengenai cara mengatur pH nutrisi hidroponik.

Agar pertumbuhan tanaman hidroponik maksimal, Anda harus melakukan pengaturan pH yang sesuai untuk masing-masing tanaman. Kesesuaian pH ini berdampak pada penyerapan nutrisi oleh tanaman.

Mengatur pH untuk Tanaman Hidroponik


Skala pH berkisar dari 0-14. pH berangka 7 merupakan pH bersifat netral, yang ideal untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pH < 7 menunjukkan senyawa asam dan pH > 7 menunjukkan senyawa basa. Cara mengatur pH yang tepat untuk sistem hidroponik akan mencegah reaksi kimia negatif pada larutan nutrisi hidroponik. 

urban hidroponik, urban farming

Pengaturan pH sitem hidroponik tidak bisa dipukul rata, artinya setiap tanaman memiliki pH yang sesuai masing-masing.  Meskipun demikian, ada rentang pH yang umumnya bisa digunakan untuk hidroponik, yakni antara 5.5 – 7.5. di bawah atau di atas range pH ini biasanya dapat mengakibatkan masalah pada larutan nutrisi hidroponik. Biasanya terjadi endapan pada larutan nutrisi yang akan berakibat pada defisiensi kebutuhan unsur hara tanaman hidroponik.

Cara Menambah dan Menurunkan pH Hidroponik

Bila setelah diukur pH dalam nutrisi hidroponik yang digunakan oleh Anda berada di luar rentang yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa menambah atau mengurangi nilai pHnya. Anda hanya perlu membeli pH Down dan pH Up. Produk ini banyak tersedia baik di toko online maupun konvensional.

Sekian artikel mengenai cara mengatur pH nutrisi hidroponik, semoga bermanfaat sampai jumpat di artikel urban hidroponik lainnya.
Diberdayakan oleh Blogger.