IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Vertiminaponik, Cara Hemat Membuat Instalasi Akuaponik di Lahan Sempit - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Vertiminaponik, Cara Hemat Membuat Instalasi Akuaponik di Lahan Sempit

Urban Hidroponik - Pernah mendengar istilah vertiminaponik? Istilah yang satu ini sebenarnya hanya pengembangan dari dua teknik budidaya yang sudah ada, yaitu teknik aquakultur dan hidroponik. Lantas kenapa disebut vertiminaponik, bukan akuaponik saja?

Vertiminaponik bisa dibilang gabungan antara vertikultur, hidroponik, akuaponik dalam skala kecil. Karena memang dikembangkan untuk daerah perkotaan yang sempit lahan, salah satunya seperti yang dikembangkan oleh BPTP Jakarta.

Vertiminaponik, Cara Berkebun di Kolam Ikan

Keunggulan Vertiminaponik
Beberapa keunggulan yang didapatkan ketika Anda berkebun memakai teknik vertiminaponik adalah sebagai berikut:
  • Hemat lahan
  • Hemat waktu
  • Hemat tenaga
  • Hemat air
  • Bernilai seni
Hal tersebut menjadi mungkin karena sistem bisa berjalan sendiri selama ada pasokan listrik, instalasi vertiminaponik didesain agar semuanya berjalan secara otomatis khususnya penyiraman dan pemupukan.

Bagaimana Cara Kerja Vertiminaponik
Tidak berbeda dengan akuaponik, prinsipnya adalah menggabungkan akuakultur (budidaya perairan ikan) dan hidroponik (tanaman pangan). Di mana kotoran ikan akan diubah menjadi nutrisi tanaman.  Cara mengubah kotoran ikan menjadi nutrisi harus dilakukan dengan memakai bak nutrisi terpisah tempat penyaringan dan proses nitrifikasi (pengubahan amonia menajdi nitrit nitrat) agar bisa dikonsumi oleh tanaman. Sisanya air akan kembali ke kolam ikan dalam keadaan bersih.

Kualitas Produk Pangan Vertiminaponik?
Kualitas tanaman yang dihasilkan jelas bersifat organik karena vertiminaponik tidak memakai nutrisi kimia untuk memupuk tanaman, pupuk tanaman sudah didapatkan secara organik dari kotoran ikan. Maka tanaman pangan produk vertiminaponik merupakan tanaman pangan yang sehat dan organik.

Bagaimana Membuat Instalai Vertiminaponik?
Ada 3 elemen penting yang harus disiapkan untuk membuat kebun vertiminaponik, yaitu: bedeng akuakultur, grow bad (tempat tanaman), dan sistem fertigasi. Lalu bagaimana dengan bak penyaringan kotoran (amonia) agar terurai menjadi nitrit nitrat (nutrisi) bagi tanaman?

Vertiminaponik menggabungkan bedeng tersebut ke dalam grow bad yang sudah dilengkapi dengan filter. Jadi media tanam vertiminaponik juga berfungsi sebagai filter kotoran dan otomatis mengubahnya menjadi nutrisi.

urban farming, urban hidroponik,

Cara Membuat Filter Kolam Ikan Agar Menjadi Nutrisi
Untuk membuat filter kotoran ikan, bahan yang dibutuhkan merupakan bahan-bahan yang mampu menetralkan kada pH air, menyerap racun dari kotoran ikan, dan mampu dijadikan tempat mikroba yang membantu pertumbuhan pertanaman. Selain itu diperlukan juga buffer hara tanaman yang mampu mengurai kotoran dan sisa makanan ikan menjadi nutrisi organik. Kesemua itu bisa didapatkan dengan memakai bahan-bahan sebagai berikut:
  • Zeolit besar
  • Zeolit kecil
  • Pupuk kompos 
Cara Membuat Filter Amonia Menjadi Nitrit Nitrat
Setelah kesemua bahan di atas tersedia, berikutnya Anda hanya perlu menyimpan media tersebut ke grow bad. Urutan dan komposisinya adalah sebagai berikut:
  • Lapisan bawah, zeolite besar dihamparkan di bagian paling bawah (kurang lebih setebal 1-2 cm)
  • Lapisan tengah, zeolite kcil ukuran 20 mesh ditempatkan setelah zeolite besar secara merata sampai semua media zeolite besar tertutup sempurna.
  • Lapisan terakhir (paling atas) merupakan gabungan antara zeolite kecil + pupuk kompos dengan perbandingan 1 kompos : 3 zeolite. Hamparkan secara merata sampai lapisan kedua tertutup sempurna.

Teknik Penanaman Pangan Vertiminaponik
Cara menanam bibit pada teknik vertiminaponik yang perlu dilakukan adalah dengan menanam secara tabur padat. Artinya Anda bisa menanam banyak bibit pada grow bad secara rapat. Sehingga Anda tidak perlu lagi memindah semaian karena tanaman sudah disemai di tempat tanam.

Jumlah Ikan dalam Kolam
Sebagai patokan Anda bisa menanam 300 ikan lele atau sekitar 200-an ikan patin nila bawal di drum yang berkapasitas 150 liter-an. Intinya Anda bisa bertanam ikan dengan populasi padat atau sangat padat.

Hmmm... Penasaran? Yuk coba di rumah masing-masing, selain bisa panen sayur organik yang sehat Anda juga bisa dengan mudah membuat ikan bakar sendiri. (Sumber: BPTP Jakarta)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.